Kupas Tuntas Ragam Windows Beserta Keunggulan Dan Kelemahannya

by

Hei guys, apakah anda sudah mengenal Windows lebih mendalam? Jika belum, mari kita mengenal Sejarah Penemuan Windows Oleh Bill Gates, Si Raja Penguasa Teknologi Dunia.

Pada dasarnya, Windows merupakan salah satu produk berbasis sistem operasi yang dirancang dengan tampilan user friendly. Ya benar, sistem operasi yang satu ini memang bisa dikatakan user friendly. Bagaimana tidak? Dalam hal pengoperasian, anda akan menemukan beragam tampilan menu yang telah terstrukturisasi sangat baik. Untuk lebih memperjelas tampilan user friendly yang kami maksudkan, maka anda dapat menilik gambar di bawah ini.

Gambar pertama menunjukkan tampilan user friendly Windows 8

Selanjutnya gambar kedua merupakan layout Win 8.1 yang lebih terstrukturisasi dari tampilan Win 8 sebelumnya

Sedangkan gambar ketiga merujuk ke tampilan Win 10 yang lebih ramah dari Win 8 maupun 8.1

Gimana? Benar-benar menu yang terdapat pada ketiga gambar di atas sangat terstruktur dengan baik, bukan? Ya, itulah salah satu keunggulan Windows yang telah menarik perhatian para penggemarnya. Lantas, bagaimana dengan sejarah terciptanya sistem operasi Windows yang sampai saat ini mampu menghasilkan layout memukau tersebut. Berikut uraian sejarahnya.

A. Ragam Windows

Seperti yang kita perjelas sebelumnya, tampaknya Windows sudah harus meninggalkan zaman pengoperasian MS DOS. Mengapa kami mengatakan demikian? Hal ini dikarenakan teknologi selalu berkembang. Dan untuk mengimbangi update terkini dalam dunia teknologi berbasis sistem operasi, pihak Microsoft mulai menambahkan unsur-unsur peningkatan daya komputasi yakni pergeseran dari keyboard dan mouse untuk penggunaan touchscreen. Nah… pengen tau lebih dalam mengenai penjelasan ragam Windows di bawah ini. Mari kita kupas tuntas ragam Windows yang sudah kami rangkum semenarik mungkin.

Berdasarkan data yang kami dapatkan dari theguardian.com, terdapat 14 versi Windows yang perlu anda ketahui. Ragam sistem operasi tersebut dapat dimulai dari:

B.1 Windows 1

Versi ini dirilis pada November 1985 yang merupakan usaha pertama Microsoft untuk memperkenalkan antarmuka grafis 16-bit. Pengembangan ini dipelopori oleh pendiri Microsoft Bill Gates dengan integrasi MS-DOS yang bergantung pada baris perintah masukan.

Untuk membantu pengguna menjadi terbiasa dengan sistem masukan ini, pihak Microsoft mengembangkan peran permainan reversi yang bergantung pada kontrol mouse. Ingat, sistem input akan bergantung pada kontrol mouse bukan keyboard, dengan tujuan pengguna dapat menggerakkan mouse di sekitar dan mengklik elemen-elemen pada layar.

B.2 Windows 2

Setelah dua tahun merilis versi Windows 1, kemudian pada Desember 1987 pihak Microsoft melanjutkan pengembangan ke versi Windows 2. Inovasi besar yang terdapat pada Windows 2 adalah dapat menjadi saling tumpang tindih, dan ini juga memperkenalkan kemampuan untuk meminimalkan atau memaksimalkan windows “iconising” atau “zoom”. Disisi lain, panel kontrol juga menjadi opsi konfigurasi yang dipermudah, karena ada banyak menu maupun tombol telah dikumpulkan bersama di satu tempat.

B.3 Windows 3

Windows 3 adalah versi yang dianggap sebagai penantang Apple Macintosh dan antarmuka pengguna grafis Commodore Amiga. Versi ini dirilis pada tahun 1990, yang dapat dijalankan melalui hard drive pra-instal pada komputer dari produsen PC kompatibel termasuk Zenith Data Systems.

Dalam sisi pengoperasian, Windows 3 memperkenalkan kemampuan untuk menjalankan program MS-DOS yang dapat bekerja secara multitasking, dan didukung antarmuka yang menggunakan 256 warna. Keren bukan?

B.4 Windows 3.1

Windows 3.1 dirilis pada tahun 1992. Versi dari Windows yang satu ini terkenal karena mempromosikan jenis font TrueType. Font ini dapat membuat platform Windows melakukan perilisan yang lebih layak pada pertama kalinya.

Lalu bagaimana cara Windows 3.1 beroperasi? Pengen tau atau mau tau banget nih? Untuk memperjelas hal ini, Windows 3.1 dapat dioperasikan dengan membutuhkan RAM berkapasitas 1 MB. Sistem ini juga didukung program MS DOS untuk dikontrol dengan mouse.

B.5 Windows 95

Windows 95 diluncurkan pada Agustus 1995, dengan membawa konsep “plug and play”. Ini artinya sistem operasi akan menghubungkan perifer untuk menemukan driver yang sesuai dan membuatnya bekerja.

Disamping itu, Windows 95 juga memperkenalkan versi 32-bit, yang memiliki taskbar dan berfokus pada multitasking. MS-DOS masih memainkan peran penting untuk Windows 95, sistem tersebut diperlukan untuk menjalankan beberapa program dan unsur-unsur lainnya.

B.6 Windows 98

Versi ini dirilis pada Juni 1998, dengan mengintegrasikan Internet Explorer 4, Outlook Express, buku alamat Windows, Microsoft Chat dan NetShow player, yang pada akhirnya digantikan oleh Windows Media Player 6.2 dalam versi kedua Windows 98 tahun 1999.

Pada versi kedua ini, Windows 98 juga memperkenalkan tombol navigasi bagian belakang dan depan serta address bar di Windows Explorer. Salah satu perubahan terbesar yang paling menonjol dari versi OS ini adalah pengenalan Model Driver Windows untuk komponen komputer dan aksesoris, yakni satu driver dapat mendukung semua versi Windows.

B.7 Windows ME

Sistem operasi Windows ME dirilis pada September 2000. Ini adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk perusahaan. Integrasi fitur pada jenis sistem operasi yang satu ini juga memperkenalkan beberapa konsep penting kepada konsumen, termasuk tool pemulihan otomatis, Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7, Windows Movie Maker serta AutoComplete untuk Windows Explorer.

B.8 Windows 2000

Windows 2000 mulai dicanangkan pada Februari 2000. Pencanangan tersebut didasarkan pada sistem berorientasi Microsoft Windows NT, yang kemudian menjadi dasar untuk mengembangkan Windows XP. Dan jika kita menilik segi pengoperasiannya,  maka versi Windows 2000 dapat dikatakan sebagai Windows pertama yang mendukung fitur hibernasi.

B.9 Windows XP

Windows XP mulai diperkenalkan ke publik pada Oktober 2001. Boleh dibilang OS yang satu ini tergolong salah satu versi Windows terbaik. Mengapa kami mengatakan demikian? Karena versi Windows XP dirancang dengan bilah menu yang dapat merekonstruksi tugas secara visual. Windows XP juga dibangun dengan kesan tombol Start hijau yang lebih ramah, dengan paduan taskbar berwarna biru dan wallpaper yang dapat menghasilkan berbagai efek visual menarik.

Disisi tampilan, hasil menakjubkan lainnya dari apa yang dimiliki versi Windows XP yakni ClearType yang dirancang untuk membuat teks jauh lebih mudah dibaca pada layar LCD, built-in CD burn, autoplay dari CD dan media lain.

B.10 Windows Vista

Windows Vista merupakan pengganti Windows XP dengan menambahkan nuansa transparan pada desktop. Versi sistem operasi ini dirilis pada Januari 2007. Kemudian tau gak guys, apa fitur terkece yang dibalut bersama OS Windows Vista? Itu semua tentang fitur Microsoft DirectX 10. Pada fitur ini, para gamers dapat menjalankan game apapun termasuk permainan berkapasitas besar sekalipun. Disamping itu, Windows Vista juga dirancang bersama fitur-fitur memukau lainnya yakni Windows Media Player 11 dan IE 7, serta Windows Defender yang berfungsi sebagai program anti-spyware.

B.11 Windows 7

Windows 7 pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2009. Itu dimaksudkan untuk memperbaiki semua masalah yang dihadapi oleh Vista, dengan sedikit tweak untuk penampilan dan konsentrasi pada fitur-fitur yang user-friendly, maka tweak tersebut mampu meminimalisir “dialog kotak berlebihan”.

Nah Versi ini memiliki loading yang lebih cepat, lebih stabil dan yang penting adalah lebih mudah digunakan, serta kemampuan untuk “snap” windows ke puncak atau sisi layar. Fitur tersebut dapat mengubah ukuran jendela secara otomatis. Keren kan guys?

B.12 Windows 8

Windows 8 lebih terfokus pada sentuhan dari keyboard dan mouse. Sistem operasi ini dirilis pada bulan Oktober 2012, Windows 8 adalah versi OS yang didesain khusus untuk perbaikan antarmuka.

Dalam hal pengoperasian, tentunya Windows 8 memiliki proses loading yang lebih cepat daripada versi sebelumnya. Serta OS ini juga dirancang untuk mendukung perangkat USB 3.0. Di sisi lain, Windows store yang terintegrasi ke dalam sistem operasi Windows 8, juga menawarkan aplikasi Windows universal yang dapat dijalankan dalam mode layar penuh. Serta berbagai aplikasi masih dapat diinstal dari pihak ketiga seperti iterasi dari Windows, akan tetapi sayangnya aplikasi tersebut hanya bisa mengakses antarmuka desktop tradisional Windows saja.

B.13 Windows 8.1

Rilis terakhir untuk Windows 8 diperkenalkan pada Oktober 2013. Windows 8.1 mulai menandai pergeseran menuju pembaruan perangkat lunak tahunan dari Microsoft. Dan hal ini merupakan langkah pertama dalam Microsoft U-turn untuk menampilkan antarmuka visual baru.

Windows 8.1 kembali memperkenalkan tombol Start, yang awalnya dikembangkan dari layar desktop. Dalam hal pengoperasian, user dapat memilih untuk boot langsung ke desktop Windows 8.1, atau bagi mereka yang menggunakan komputer desktop dengan mouse dan keyboard maka dapat berfokus pada sentuhan layar awal.

B.14 Windows 10

Windows 10 mulai diperkenalkan pada 30 September 2014 dan mulai dicanangkan pada 29 Juli 2015. Versi sistem operasi yang satu ini telah mewakili langkah lain dalam Microsoft U-turn, dengan membawa kembali menu Start dan lebih banyak keseimbangan untuk pengguna komputer desktop tradisional. Nah, pada sisi pengoperasian, Windows 10 juga memiliki fitur baru yang telah disempurnakan dari beberapa versi pendahulunya lho. Apa saja fitur yang dapat anda temukan pada pengoperasian Windows 10? Yuk, Kenali Windows 10 Lebih Mendalam.

B. Keunggulan dan Kelemahan

Well, itulah kupas tuntas sejarah serta ragam Windows yang telah kami paparkan. Kami selaku penulis memiliki harapan besar agar informasi yang telah dijelaskan dapat menjadi lebih bermanfaat bagi seluruh pembaca. Atas kunjungan dan perhatiannya, maka kami selaku penulis mengucapkan terima kasih. Enjoy your life. See you in the next article.

You may also like

article-image
Info

Yuk, Kenali Windows 10 Lebih Mendalam

Di era globalisasi sekarang, Hampir semua manusia di dunia sudah mengenal komputer dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari. Di bidang pekerjaan, sumber daya manusia dituntut lebih untuk…