Pengenalan Pada URL Beserta Contoh, Struktur dan Aturan Penggunaannya

by

Anda tentu pernah mendengar istilah URL, bukan? Atau mungkin ini baru pertama kalinya anda mendengar istilah tersebut? Sebenarnya tanpa anda sadari, saat anda sedang browsing atau bermain internet anda pasti akan selalu bertemu dengan URL, hanya saja anda tidak menyadarinya.

Bagaimana dengan yang ini : https://creativivity.com? Pasti anda penah lihat kan? Nah, inilah salah satu contoh yang dimaksud denga URL itu. Sekarang anda sudah punya sedikit gambaran dari URL tersebut, bukan? Untuk lebih memahaminya, kami akan memberikan penjelasan terkait dengan URL tersebut.

Apa Itu URL?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yang biasa digunakan untuk menentukan atau menunjukkan alamat di World Wide Web (www). Alamat ini muncul di kotak “Lokasi (location)” atau “Pergi ke (Go to)” yang terdapat di sebagian besar browser Web.

URL juga sering diartikan sebagai identifikasi jaringan fundamental untuk setiap sumber daya yang terhubung ke web atau bisa juga dikatakan berfungsi untuk mengidentifikasi lokasi file di internet.

Tidak hanya untuk membuka situs web, ini juga digunakan untuk mengunduh gambar, video, halaman hypertext, program perangkat lunak dan jenis file lainnya.

Ketika ingin membuka file lokal di komputer, biasanya kita bisa melakukannya hanya dengan mengklik file tersebut 2 kali (double click). Akan tetapi, cara tersebut tidak bisa kita lakukan saat hendak membuka file di komputer jarak jauh (remote computer), seperti server web misalnya. Tahukah anda mengapa bisa demikian?

Karena komputer jarak jauh adalah komputer dimana pengguna tidak memiliki akses secara fisik, tetapi mungkin dapat mengaksesnya dari jarak jauh melalui tautan jaringan dari komputer lain. Koneksi jarak jauh dibuat melalui penggunaan jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya.

Perangkat lunak akses jarak jauh yang digunakan untuk dapat mengontrol komputer jarak jauh ini membuat seolah-olah komputer berada tepat di depan pengguna. TeamViewer, VNC dan Remote Desktop adalah beberapa contoh dari perangkat lunak tersebut.

Singkatnya, untuk bisa membuka file tersebut, maka kita harus menggunakan URL sehingga browser web kita tahu di mana mencari file tersebut. Misalnya, membuka file HTM yang mewakili halaman ini dilakukan melalui tautan di bagian atas browser yang anda gunakan.

Uniform Resource Locators ini memang lebih dikenal dengan singkatannya, yaitu URL. Akan tetapi, beberapa orang juga sering menyebutnya sebagai alamat situs web, terutama ketika mereka merujuk ke URL yang menggunakan protokol HTTP atau HTTPS.

URL biasanya diucapkan dengan membaca huruf demi huruf secara terpisah (yaitu u – r – l, bukan earl). Dulunya singkatan URL adalah Universal Resource Locator sebelum akhirnya diubah menjadi Uniform Resource Locator.

Contoh URL

Untuk contoh, ada banyak sekali yang bisa anda temukan. Kalau disebutkan satu persatu sampai besok pun rasanya tidak akan selesai-selesai. Tapi ada beberapa diantaranya yang paling sering anda temui atau bahkan anda masukkan ke kolom pencarian, seperti pada saat mengakses situs web Google dan Facebook, seperti yang ada di bawah ini:

  • https://www.google.com
  • https://www.facebook.com
  • atau http://www.windowsforumz.com, jika anda ingin membuka alamat situs kami ini.

Anda bahkan bisa menjadi sangat spesifik dan membuka URL langsung ke sebuah gambar yang mengarah ke logo Google di situs web Wikipedia, hanya dengan membuka URL yang sedikit agak panjang berikut ini:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2f/Google_2015_logo.svg/220px-Google_2015_logo.svg.png

Coba perhatikan sebentar alamat URL tadi, anda bisa melihat bahwa link tersebut dimulai dengan https: // dan memiliki URL yang tampak biasa seperti contoh-contoh lain yang sebelumnya.

Hanya saja contoh URL yang satu ini memiliki banyak teks dan garis miring lainnya untuk mengarahkan anda ke folder dan file yang tepat, di mana gambar tersebut berada dan di server situs web apa.

Konsep yang sama juga akan berlaku ketika anda mengakses halaman login router, dimana alamat IP router digunakan sebagai URL untuk membuka halaman konfigurasi.

Sebagian besar dari kita sudah sangat akrab dengan jenis URL yang sering digunakan di browser web seperti Firefox atau Chrome, tetapi itu bukan satu-satunya contoh kapan dan mengapa anda membutuhkan URL.

Dari contoh-contoh di atas, kita bisa lihat bahwa HTTP merupakan protokol yang lebih sering digunakan untuk membuka situs web, atau bahkan kemungkinan protokol inilah satu-satunya yang ditemui oleh kebanyakan orang.

Perlu anda ketahui bahwa HTTP bukanlah satu-satunya jenis protokol yang bisa digunakan, melainkan masih ada protokol-protokol lainnya, seperti : FTP, TELNET, MAILTO dan RDP yang juga bisa digunakan.

Hal lainnya terkai penggunaan URL yang harus anda ketahui adalah URL ini dapat menunjuk ke file lokal yang anda miliki di hard drive. Masing-masing jenis protokol tersebut kemungkinan akan memiliki seperangkat aturan sintaks yang unik untuk mencapai tujuannya.

Struktur URL

Kalau dilihat-lihat, sebenarnya anda tidak perlu tahu tentang semua bagian atau struktur dari alamat web atau URL saat ingin mencari sesuatu di internet. Anda hanya cukup mengklik tautan atau mengetikkan alamat webnya saja, maka semuanya beres.

Tapi, sama halnya seperti anda ingin mengetahui kode area pada nomor telepon, maka mengetahui struktur URL akan membantu anda untuk memahami komponen-komponen penyusunnya dan perbedaan diantara mereka.

URL dapat dipecah menjadi beberapa bagian, masing-masing bagian tersebut melayani tujuan tertentu saat mengakses file jarak jauh. URL HTTP dan FTP umumnya disusun dengan cara yang sama seperti, protokol://hostname/fileinfo. Contoh mengakses file FTP dengan URL-nya bisa anda lihat seperti yang ada di bawah ini:

FTP://servername/folder/otherfolder/programdetails.docx

Karena FTP mungkin terlalu asing untuk anda yang baru mengenal URL ini, maka kami akan menggunakan protokol HTTP untuk memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian URL tersebut.

https://pcsupport.about.com/od/driversites/tp/free-driver-updater-tools.htm

Adapun struktur URL di atas adalah sebagai berikut:

  • http : protokol (seperti FTP yang juga merupakan protokol), yang berfungsi untuk menentukan jenis server yang berkomunikasi dengan anda.
  • pcsupport : nama host yang digunakan untuk mengakses situs web khusus ini.
  • about : nama domain.
  • com : adalah apa yang disebut sebagai top-level domain (TDL), beberapa lainnya termasuk .net, .org, .co.uk dan lain sebagainya.
  • / od / driversites / tp / : mewakili direktori yang digunakan untuk mengatur halaman web atau file. Pada server web yang menyimpan file situs web, ini adalah folder sebenarnya yang anda klik untuk menemukan file yang ditentukan oleh URL ini.
  • free-driver-updater-tools.htm : adalah file aktual yang ditunjuk oleh URL. Jika anda mencoba memuat gambar, file audio, atau jenis file lain dari file HTM, maka URL akan berakhir di ekstensi file tersebut (seperti PNG atau MP3).
  • pcsupport.about.com : sebagai grup yang disebut sebagai Nama Domain Berkualitas Penuh (FQDN).

Aturan Sintaks URL

Selain memiliki struktur atau bagian-bagian yang masing-masing memiliki arti dan fungsi, URL ternyata juga memiliki beberapa aturan, yang dikenal sebagai aturan sintaks.

Di dalam URL diketahui bahwa hanya angka, huruf dan karakter berikut yang diizinkan dalam URL: ()! $ -‘_ * +. Karakter lain selain karakter yang telah disebutkan tadi harus dikodekan (diterjemahkan ke kode pemrograman) agar diterima dalam URL.

Beberapa URL memiliki parameter yang memisahkan URL dari variabel tambahan. Misalnya, ketika anda melakukan pencarian Google seperti berikut:

https://www.youtube.com/results?search_query=best+cat+videos

Tanda tanya yang anda lihat berfungsi untuk memberitahu skrip tertentu yang dihosting di server Google, yang menandakan bahwa anda ingin mengirim perintah khusus ke dalamnya untuk mendapatkan hasil khusus.

Skrip spesifik yang digunakan Google untuk mengeksekusi pencarian tahu bahwa apa pun yang mengikuti ?= pada bagian dari URL harus diidentifikasi sebagai istilah pencarian, jadi apa pun yang diketik pada titik itu di URL digunakan untuk mencari di mesin pencari Google.

Anda dapat melihat perilaku serupa di URL dalam pencarian YouTube untuk video kucing terbaik di atas tadi. Meskipun spasi tidak diizinkan di URL, beberapa situs web menggunakan tanda +, yang dapat anda lihat tadi. Lainnya menggunakan ruang setara yang dikodekan, yaitu% 20.

URL yang menggunakan beberapa variabel biasanya menggunakan satu atau lebih ampersand (lambang &) setelah tanda tanya. Anda dapat melihat contohnya di bawah ini (untuk pencarian Amazon.com untuk Windows 10):

https://www.amazon.com/s/ref=nb_sb_noss_2?url=search-alias%3Daps&field-keywords=windows+10

Variabel pertama pada URL di atas didahului oleh tanda tanya tetapi variabel berikutnya, yaitu kata kunci bidang, didahului oleh ampersand. Jika terdapat variabel tambahan, maka variabel tambahan tersebut juga akan didahului oleh ampersand.

Bagian-bagian dari URL bersifat case sensitive, khususnya untuk semua yang berada setelah nama domain (direktori dan nama file).

Informasi Lainnya Terkait URL

Jika URL mengarahkan anda ke file yang dapat ditampilkan browser web anda, seperti gambar JPG misalnya, maka anda tidak harus benar-benar mengunduh file tersebut ke komputer anda untuk dapat melihatnya.

Namun, untuk file yang biasanya tidak ditampilkan di browser, seperti file PDF dan DOCX dan terutama file EXE (dan banyak jenis file lainnya), anda akan diminta untuk mengunduh file ke komputer supaya anda bisa menggunakannya.

URL memberikan cara mudah bagi kita untuk mengakses alamat IP server tanpa perlu mengetahui alamat sebenarnya. Mereka seperti nama yang mudah diingat untuk situs web favorit kita. Terjemahan dari URL ke alamat IP ini adalah apa yang digunakan oleh server DNS.

Ip Server address dapat menjadi beberapa versi URL, yaitu sebagai Homepage URL dan Alternatif Link URL. Homepage URL merupakan sebuah alamat situs resmi yang menjadi jalan akses utama pada sebuah website, sedangkan alternatif link Url merupakan alamat situs tak resmi yang digunakan sebagai jalur cadangan untuk mengakses website atau file pada sebuah url. Dibawah sebagai contoh versi URL untuk situs web sbobet yaitu :

Beberapa URL sangat panjang dan rumit dan paling baik digunakan jika anda mengekliknya sebagai tautan atau menyalin atau menempelkannya ke bilah alamat peramban. Kesalahan dalam URL dapat menghasilkan kesalahan kode status 400. Jjenis yang paling umum adalah Error 404.

Anda pasti pernah mengalami semacam ini kan? Jika terjadi kesalahan seperti ini, ada kemungkinan kalau URL yang anda masukkan ada yang salah. Anda bisa memeriksanya sekali lagi untuk memastikannya.

Selesai sudah pembahasan kita hari ini mengenai apa itu URL. Sekarang anda sudah paham kan? Ya, kalaupun belum mengerti sepenuhnya, paling tidak ada sedikit yang bisa anda pahami. Jika ingin lebih memahaninya, anda bisa menambah sumber-sumber bacaan lainnya atau mengulang membaca artikel ini sekali lagi.

 

 

You may also like